Senin, 25 Januari 2010

Koneksi PHP ke OCI8 di XAMPP for Windows (1)

Untuk mengerjakan salah satu proyek di unit saya, saya perlu melakukan instalasi apache, php (support soap) dan koneksi ke oracle dengan oci8 di laptop saya yang menggunakan operating system Windows XP. Akhirnya saya pilih xampp. Xampp saya download dari http://www.apachefriends.org/en/xampp.html. Saya pilih XAMPP Windows 1.7.3 Basic Paket.

Kemudian sesuai manual yang ada, xampp saya install di (C:\xampp) dan sangat mudah proses instalasinya. Setelah selesai, dengan dag..dig..dug saya coba hasil dari instalasi tersebut. Pertama saya lakukan start apache, hasilnya sukses. Selanjutnya saya cek web server dengan http://127.0.0.1/ dan terpampang tampilan halaman XAMPP for Windows yang menandakan fitur web server (apache) dari xampp berfungsi dengan baik.

Selanjutnya untuk mengetahui fungsi php apa saja yang terinstall, saya cek melalui menu phpinfo() yang tersedia di tampilan awal XAMPP tersebut. Library soap telah terinstall, dan tinggal di test. Dengan script sederhana, hasil test library soap menunjukkan soap berfungsi dengan sempurna.

Tinggal satu yang kurang, yaitu menambahkan php dengan fungsi oci8 untuk koneksi ke database oracle. Dari hasil googling yang saya dapatkan, sebagian besar menyebutkan untuk mengaktifkan library oci8 php di xampp adalah dengan membuang comment (tanda ;) di depan kata-kata ;extension = php_oci8.dll di file php.ini, disamping syarat utama yaitu oracle client sudah diinstall di komputer (saya menggunakan instanclient 10.2.0.3 yang download dari http://www.oracle.com/technology/software/tech/oci/instantclient/htdocs/winsoft.html dan saya unzip di C:\instantclient_10_2).

Setelah semua langkah saya ikuti, dan apache sudah saya stop-start ternyata muncul warning PHP Startup: Unable to load dynamic library 'C:\xampp\xampp\php\ext\php_oci8.dll' - The specified procedure could not be found.

Googling selama 2 hari tidak menemukan solusi yang manjur, hingga akhirnya hari ini saya mendapatkan entri yang benar-benar mensolusikan masalah saya. Solusi ini saya dapat dari http://dudesdoingdotnet.blogspot.com/2008/09/xampp-with-oracle-ocidll-not-found.html. Solusi untuk masalah ini yaitu dengan copy file oci.dll dari C:\instantclient_10_2 ke direkrori C:\xampp\xampp\apache\bin. Selanjutnya saya lakukan stop-start apache, dan alhamdulillah, warning sudah tidak muncul lagi. Cek di phpinfo, oci8 sudah muncul yang menandakan library oci8 sudah berfungsi. Selanjutnya tinggal test dengan script php-nya....

Bersambung....

1 komentar:

  1. terimakasih, saya mengalami permasalahan serupa dan tulisan ini mengkahiri paceklik saya :D
    sekali lagi terimakasih banyak pak rahmat :)

    BalasHapus