Senin, 25 Januari 2010

Koneksi PHP ke OCI8 di XAMPP for Windows (3)

Alhamdulillah..

Setelah melalui jalan panjang yang melelahkan .. :D, masalah koneksi php-oci8 di XAMPP versi 1.7.3 akhirnya tersolusikan.

Perlu teman ketahui, sebelumnya di laptop saya sudah saya install oracleclient versi 8i. Tetapi berhubung di manual XAMPP dan beberapa referensi yang saya baca menyebutkan untuk oci8 di XAMPP menggunakan instantclient (versi >= 10) maka oracleclient 8i saya uninstall.

Akhirnya, coba-coba saya install ulang oracleclient 8i, setelah instalasi selesai. Instalasi saya letakkan di direktori C:\oracle. Setelah instalasi selesai, mengacu pada referensi yang saya temukan sebelumnya (baca Koneksi PHP ke OCI8 di XAMPP for Windows (1) ) , maka saya cari file oci.dll di direktori instalasi oracleclient. Saya temukan file tersebut di C:\oracle\bin. Kemudian file oci8.dll saya copy-kan ke direktori xampp yaitu di C:\xampp\xampp\apache\bin. Setelah xampp saya stop-start, ternyata warning PHP Startup: Unable to load dynamic library 'C:\xampp\xampp\php\ext\php_oci8.dll' - The specified procedure could not be found. muncul kembali.

Selanjutnya file oci8.dll saya hapus, dan saya cari lagi file yang mirip-mirip di C:\oracle\bin. Saya temukan file dengan nama ociw32.dll. Saya copy-kan file tersebut di C:\xampp\xampp\apache\bin. Setelah saya stop-start xampp, selanjutnya saya cek phpinfo() dan muncul entry oci8. Selanjutnya saya test dengan script sederhana untuk koneksi ke oracle....dan......test sukses....

Alhamdulillah, selanjutnya tinggal membuat script aplikasi yang sesungguhnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar